Cost Of Fund

March 18, 2010 at 7:50 pm Leave a comment

Bank adalah sebuah tempat di mana uang disimpan dan dipinjamkan. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca atau uang. Biasanya bank menghasilkan untung dari biaya transaksi atas jasa yang diberikan dan bunga dari pinjaman. Sedangkan menurut Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidur rakyat banyak. Secara lebih luas ,bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan. Juga bank sebagai lalulintas moneter. Hal ini karena bank sebagai tempat transaksi keuangan seperti sperti giro atau transfer.

Dalam akun perbankan ada 2 yaitu asset dan liabilities. Dimana asset menggambarkan use of fund dan liabilities menggambarkan cost of fund. Dana yang paling banyak terkumpul di bank adalah dana pihak ketiga (demand deposite, saving deposit, time deposit).

Untuk menentukan besar kecilnya buku bunga pinjaman, atau dapat dikatakan sebagai,harga produk, yang akan dibebankan kepada nasabah terdapat beberapa komponen yang akan mempengaruhinya. Komponen-komponen tersebut adalah :

Total Biaya Dana (Cosh Of Fund) Merupakan biaya untuk memperoleh simpanana setelah ditambah dengan cadangan wajib (reserve requirement) yang ditetapkan pemerintah. Biaya dana tergantung dariseberapa besar bunga yang ditetapkan utnuk memperoleh dana melalui produk simpanan.

Untuk menekan cost of fund dari tabungan dengan cara,.yaitu :

  1. Memenuhi Giro Wajib Minimum/ reserve requirement.
  2. Pelayanan maksimum pada nasabah.
  3. Strategi investasi, komposisi portfolio (jk. pendek) dlm rangka kecukupan likuiditas dana.

Banyak bank mengeluarkan promosi-promosi agar nasabah menaik. Dengan itu maka banyak nasabah yang mau menabung, meningkatkan pelayanan. Dengan itu ada dapat menaikkan fee-based income.

Contoh bank BTN untuk menekan biaya tingkat bunga kredit dengan kios yang dioperasikan hanya empat petugas akan membuat pekerjaan lebih efisien sehingga dapat menekan cost of fund (biaya dana) yang bersumber dari giro dan tabungan.mengenai dana hasil penjualan saham (IPO), akan dipergunakan untuk memperkuat struktur modal yang pada akhirnya dapat meningkatkan kapasitas dalam menyalurkan kredit.secara tidak langsung IPO memang dapat menekan biaya dana (cost of fund) akan tetapi yang paling signifikan bersumber dari sekuritisasi aset, penjualan obligasi, penempatan dana pemerintah, serta institusi keuangan lainnya. Posisi kredit BTN per September 2009 Rp38 triliun, naik 26 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, sedangkan realisasi kredit tahun 2009 Rp11,2 triliun atau turun 6 persen dibanding periode sebelumnya,

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pengaruh Kenaikan BBM terhadap pertumbuhan GDP Bank ABC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

March 2010
M T W T F S S
« Jun    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: