Pasar pesaingan sempurna, monopoly, pasar monopoly, oligopoly

June 18, 2009 at 5:45 am Leave a comment

Menurut Budi Hermana analisis ekonomi mengidentifikasikan ada 4 macam struktur pasar , yaitu:

1. Perfect Competition

Perusahaan kecil dengan jumlah yg banyak, Produk yg identik, bebas pendatang baru dalam suatu industri, dan pengetahuan yg sempurna dalam kesempatan pasar.

Tetapi hal ini hanyalah sebuah teori karena tidak mungkin  dalam satu industri mempunyai produk yg identik. Hal ini menyebabkan kurangnya kreatifitas. Oleh karena itu telah di buat UU persaingan bebas. Agar tidak ada duplikasi atas suatu produk.

2. Monopoly

Satu perusahaan, tidak ada kemungkinan pendatang baru – ‘Monopli murni’. Curve permintaan perusahaan adalah curve permintaan industri. Hal ini menunjukkan bahwa satu perusahaan saja untuk satu industri. Harga >Biaya marginal – ineffisiensi ekonomi. Keuntungan besar bias terjadi dalam jangka panjang.

3.   Pasar persaingan monopoli:

  • banyak pembeli dan banyak penjual
  • produk yang terdiferensiasi
  • informasi produk cukup
  • free entry
  • saat pendatang baru masuk, mereka mengambil pelanggan sama proporsinya dengan perusahaan lama.
  • Semua perusahaan mempunyai biaya dan kurva permintaan yg sama, sementara produksi yg berbeda
  • Apakah perusuhaan yg baru akan mengimitasi yang lama?

4.  Oligopoli

Menurut Mila Produk yang mirip bisa terdiferensiasi karena geografi (lokasi Alfamart di dekat rumah saya lebih nyaman ditempuh daripada Indomaret lima rumah di sebelahnya). Alfamart itu berada di daerah yang tidak terlalu ramai untuk diseberangi dibanding Indomaret. Produk yang mirip juga bisa terdiferensiasi karena iklan yang terus-menerus. Cairan pencuci rambut (shampoo) merek Sunsilk yang berbotol hijau adalah untuk pengguna jilbab. Apa isinya berbeda dengan yang botol kuning, merah muda ataupun biru? Mungkin hanya wewangian dan pewarna yang berbeda, tetapi semuanya tetap cairan pencuci rambut dari bahan kimia sama.

Lalu apa oligopolistik? Di pasar ini, keputusan harga berada di segelintir pemain, walaupun berada di banyak pemain. Sebagai price leaders, segelintir pemain ini bisa membuat skema sebagai berikut:

  • Perusahaan oligopoli berkonspirasi dan berkolaborasi untuk membuat harga monopoli dan mendapatkan keuntungan dari harga monopoli ini
  • Pemain oligopoli akan berkompetisi dalam harga, sehingga harga dan keuntungan menjadi sama dengan pasar kompetitif
  • Harga dan keuntungan oligopoli akan berada antara harga di pasar monopoli dan pasar kompetitif
  • Harga dan keuntungan oligopoli tak dapat ditentukan, indeterminate.

Di sini, barulah kita bermain dalam sebuah teori permainan. Game theory. Ada tata cara bermain dan penaltinya juga! Dilanjutkan nanti ya…

* Catatan: spanyol = separuh nyolong, sebuah istilah yang dikemukakan oleh seorang filantropis pemilik satelit negeri ini, “Sesungguhnya inilah Indonesia Raya, negara kepulauan yang tak mampu diurus semuanya di pusat.”

About these ads

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Ekonomi manajerial Perbankan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

June 2009
M T W T F S S
    Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: